Puasa seharusnya tidak menjadi penghalang bagi kalian yang sedang melakukan diet, namun justru sebaliknya bisa menjadi pembantu agar diet makin lancar. Namun, perlu diingat mengingat ada perbedaan pola makan saat puasa dan tidak ada baiknya kalian juga memperhatikan asupan gizi kalian. jangan sampai pilihan menu yang salah malah membuat kesehatan tubuh menjadi goyah.

Secara naluri orang akan lebih banyak makan ketika berbuka puasa, bahkan bisa dibilang buka puasa menjadi lebih berkalori dan berlemak dibanding hari biasa. Jadi daripada salah makan dan menganggu kesehatan dan justru merusak program diet kalian. Yuk simak menu diet yang aman untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan.

  1. Nasi merah

Nasi merah memiliki banyak keunggulan dibanding nasi putih, sebut saja kandungan serat yang lebih tinggi. Kandungan serat yang tinggi sangat berguna loh karena dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

  1. Oat

Makanan yang terbuat dari biji gandum ini memang dikenal sebagai makanan bagi para pelaku diet. oat sangat baik untuk mengontrol kolesterol dalam tubuh. Pada dasarnya oat memang memiliki rasa yang tawar dan kurang menggugah selera. Jadi anda harus pintar dalam mngolahnya agar tidak cepat bosan.

  1. Roti gandum

Kandungan serat pada roti gandum mungkin tidak sebanyak oat atau nasi merah namun tetap tidak bisa diabaikan loh. menggabungkan roti gandum dengan selai kacang bisa menjadi pilihan yang menarik karena selain rasanya yang enak dan mengenyangkan, roti gandum memiliki indeks glikemik yang rendah.

  1. Sayuran

Sayuran hijau menjadi pilihan utama untuk sumber serat karena bisa membuat anda merasa kenyang lebih cepat.  Rasa kenyang tersebut otomatis bisa membantu anda untuk mengerem rasa lapar yang berlebihan selama berpuasa.

  1. Makanan berprotein

Menu sahur yang sehat bukan hanya yang mengandung serat saja loh, ada baiknya juga memilih makanan yang memiliki kandungan protein.  Mengonsumsi makanan berpotein sangat baik bagi tubuh karena selain bisa mmeperbaiki sel-sel yang rusak, makanan berpotein juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Namun perlu diingat, karena anda sedang diet pilihlah sumber protein yang baik seperti dada ayam tanpa kulit atau ikan.