Saat sedang menjalankan program diet, mayoritas orang akan mengganti kebiasaan dari mengkonsumsi nasi sebagai makanan utama menjadi ke beberapa pilihan yang lebih sehat lainnya, salah satunya yaitu Kentang. Kentang memang merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang bisa kamu konsumsi saat sedang diet karena memang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Meskipun baik dikonsumsi dalam program diet, namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi juga mengolah kentang untuk kebutuhan diet. Karena, jika kamu justru melakukan beberapa hal di bawah ini, maka berpotensi menggagalkan program diet yang sedang kamu jalani.

Untuk itu, berikut ini beberapa hal seputar kentang yang sebaiknya kamu hindari saat menjalankan program diet:

  1. Kentang Goreng

Siapa yang tidak suka memakan kentang goreng? Mungkin sebagian besar akan senang dengan makanan yang menjadi salah satu menu andalan restoran cepat saji ini. Meskipun kentang memiliki karbohidrat kompleks yang baik, namun jika kentang tersebut diolah dalam bentuk French fries, kamu justru beresiko untuk mengalami kenaikan berat badan.

Saat kamu mengolah kentang dengan menggorengnya menggunakan minyak, kamu juga akan beresiko untuk mengalami diabetes tipe dua. Sebagai solusinya, kamu bisa merebus kentang atau pun membakarnya. Namun ingat, jangan menambahkan toping manis atau dengan kandungan lemak tinggi lainnya ya.

  1. Tidak Mengontrol Makan

Meskipun kentang baik untuk dikonsumsi saat diet, namun itu tidak berarti kamu bebas memakan semua kentang sepuasnya tanpa mengontrol nafsu makan kamu. Kentang memang baik, namun kamu juga harus tetap mengingat bahwa dalam kentang yang kamu konsumsi juga terdapat kandungan kalori. Tentu saja ini artinya jika kamu mengkonsumsi terlalu berlebih, justru berat badan kamu akan semakin bertambah.

  1. Mengupas Kulit Sebelum Diolah

Beberapa orang saat melakukan pengolahan kentang, mayoritas akan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Padahal, cara tersebut bisa menyebabkan berkurangnya serat pada kentang. Untuk itu, ada baiknya kamu mencoba untuk membersihkan kulit luar kentang hingga bersih, lalu kemudian diolah. Kupas kulit kentang saat kamu akan mengkonsumsinya saja. Itu akan lebih baik.

Jadi, jika kamu ingin mulai program diet dengan mengkonsumsi kentang sebagai makanan pokok, maka ada baiknya kamu mempertimbangkan tiga hal yang telah dipaparkan di atas. Sehingga kamu dapat lebih mudah untuk mencapai target diet kamu dan tetap menjadi sehat.