Sudah bukan rahasia umum bahwa orang-orang yang melakan program diet memiliki tujuan untuk dapat menurunkan berat badan mereka. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata diet tidak hanya dapat memiliki manfaat untuk itu saja, tetapi diet juga bisa membantu untuk mencegah terjadinya gangguan kognitif pada seseorang.

Pada situasi belakangan ini, ada resiko terjadinya gangguan kognitif atau bisa dikatakan sebagai gangguan dalam berpikir karena dilatar belakangi oleh virus covid 19 atau corona yang sudah menjadi pandemic di banyak negara, tidak terlepas Indonesia. Rasa takut akan pandemic ini bisa menimbulkan rasa khawatir dan takut pada seseorang, hingga bisa berdampak pada gangguan kognitif.

Dengan melakukan diet dengan cara dan aturan yang benar, risiko gangguan kognitif dapat ditekan hingga lima puluh persen. Hal ini juga telah diaminkan oleh salah satu peneliti bernama Emily Chew. Peniliti ini mengungkapkan bahwa seseorang yang menjalani program diet dengan cara yang benar dapat melakukan proteksi diri yang lebih baik untuk terjadinya gangguan pemikiran.

Salah satu diet yang dianjurkan adalah diet Mediterania. Pada metode diet Mediterania, seseorang disarankan untuk mengganti makanan mereka ke alternative makanan yang lebih menyehatkan. Contohnya yaitu seperti nasi putih dapat digantikan dengan biji beras merah, kemudian bisa juga diselingi dengan konsumsi roti gandum.

Kemudian kamu juga diwajibkan untuk menghindari mengolah daging merah, melainkan hanya boleh untuk memasaknya menjadi satu jenis saja, yaitu seperti jenis kacang-kacangan, hingga sayuran. Pada metode diet ini kamu juga masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi daging ayam, namun perhatikan porsi yang dibolehkan hanya sedikit saja. Mungkin sebagai sedikit ide, kamu bisa menjadikannya toping dari makann kamu.

Selain itu, agar tidak bosan, kamu bisa melakukan variasi dalam memilih makanan, contoh kamu bisa mengambil pola mengkonsumsi sayuran, telur, beragam jenis ikan, dan jangan lupa untuk menyempurnakannya kamu bisa mengkonsumsi susu rendah lemak atau pun yoghurt.

Dengan melakukan diet Mediterania, selain bisa mendapatkan berat tubuh yang ideal, kamu juga bisa terlindungi dari risiko gangguan kognitif. Semoga bermanfaat!