Anda sering merasakan stress yang menimbulkan sakit punggung atau sakit dada ? atau lelah , pusing atau tidak enak badan yang tidak diketahui penyebabnya ? . Mungkin itu adalah ciri ciri gangguan somatoform . Gangguan Somatoform adalah kelainan psikologis yang bercirikan sekumpulan gejala fisik seperti stress yang mengakibatkan nyeri sakit dada atau nyeri sakit punggung , pusing , tidak enak badan , mual , sakit kepala tetapi tidak menentu atau bahkan tak tampak pada saat pemeriksaan fisik .

Memang gangguan somatoform ini jika diperiksakan ke dokter tidak akan ditemukan penyebab dari keluhan yang anda rasakan bahkan tidak ada sumber penyakit yang bisa ditemukan padahal rasa sakit yang dirasa sangat nyata dan bukan imajinasi . Gangguan ini lebih sering terkena oleh orang yang pernah merasakan menyalahgunakan alcohol dan narkoba dan mereka yang memiliki kebiasaan berfikir negative , sangat sensitive terhadap nyeri  baik emosional atau fisik atau pernah menjadi korban kekeran fisik atau pernah memiliki riwayat pelecehan seksual .

Gangguan somatodorm ini cenderung menghilang timbul dari waktu kewaktu tetapi ada juga beberapa jenis gangguan somatoform yang berlangsung berminggu minggu atau bahkan berlangsung lebih lama  dan gangguan somatoform ini menurun dalam keluarga . Dilansir dalam Alodokter , hingga saat ini tidak ada yang tahu secara pasti mengapa adanya gangguan somatoform ini dapat terjadi karena hubungan antara tubuh dan pikiran sejauh ini belum sepenuhnya dipahami . Kemudian ada beberapa pendapat yang mengungkapkan bahwa gangguan somatoform ini karena ada masalah dengan impuls saraf yang mengirim sinyal rasa sakit , stress atau bahkan sensasi yag tidak menyenangkan ke otak . Tetapi bukan berarti gangguan somatoform tidak dapat diatasi menjalin hubungan yang baik antara dokter dan pasien bisa menjadi cara penanganan gangguan somatoform ini .

Untuk Dilakukannya penanganan akibat gangguan somatoform ini disarankan mengatasi atau memeriksakan kesehatan mental yang mendasari gangguan tersebut . Karena dirasa akan membuat gejala penyakit pada gangguan somatoform ini akan berkurang dan membaik serta bisa teratasi . Dilansir dari Alodokter , tujuan pengobatan pada gangguan somatoform untuk membantu pengidap gangguan ini menjalani hidup seperti orang normal biasanya dan diharapkan dapat membantu mengatasi kurangnya rasa sakit yang ditimbulkan oleh gangguan somatoform ini . Lebih baik jika anda merasakan mulai stress atau banyak pikiran dianjurkan untuk bermeditasi , berolahraga atau curhat pada sahabat atau keluarga serta orang terdekat anda Serta mengalihkannya ke aktivitas atau hal hal yang anda sukai sehingga beban pikiran yang sedang anda rasakan hilang atau berkurang dan gangguan somatoform pun bisa teratasi .

Jika menggunakan jalan medis atau kesehatan biasanya dokter menganjurkan terapi perilaku kognitif yang menjadi alasan utama gejala penyakit yang dirasakannya agar pasien mengerti timbulnya gejala tersebut atau psikoterapi. Pasien atau pengidap gangguan somatoform sangat disarankan agar pasien hanya berkonsultasi atau memeriksakan dirinya ke satu dokter saja agar perawatan serta biata pengobatan dapat dikurangi dan juga agar mengurangi tes yang dijalani . Dokter juga bisa memberikan obat obatan seperti antidepresan , tetapi pada umumnya  Pemberian obat obatan gangguan somatoform ini untuk penderita yang umumnya mengalami kondisi psikologis yang tertentu misalnya depresi atau memiliki gangguan kecemasan .

Sumber gambar : alodokter.com